Apa itu Backlink?

Perlu diketahui, proses mencari backlink melalui beberapa situs ini cukup memakan waktu dan melelahkan, jadi jangan lupa siapkan kopi serta camilan agar tetap fokus dan mendapatkan hasil maksimal. Cara mendapatkan backlink: Membuat akun kemudian menambahkan URL website target di halaman about atau profil tautan website. Jadi, Anda bisa memanfaatkn layanan ini sebagai sarana latihan menulis sekaligus menyisipkan backlink contextual yang mengarah ke website Anda. Cara mendapatkan backlink: Sebagai salah satu produk hasil besutan Google, YouTube tentu bisa menjadi salah satu website powerfull untuk mencari backlink berkualitas. Ada dua cara mendapatkan backlink dari YouTube, pertama Anda bisa memasang URL homepage website di halaman profil about me, lalu yang kedua YouTube backlink berupa URL homepage maupun artikel yang bisa disematkan di dalam kolom deskripsi. Cara mendapatkan backlink: Apakah Anda punya file-file tugas kuliah yang menumpuk di harddisk komputer? Jangan sia-siakan k erja keras Anda tersebut, edit dan tambahkan hyperlink di bagian dokumen yang menurut Anda relevan, kemudian unggah ke website dokumen sharing Scribd untuk mendapatkan potensi backlink dari situs DA besar.

Dengan menyumbangkan isi konten kamu ke website milik orang lain, sebagai timbal baliknya kamu akan memperoleh keuntungan yaitu sebuah backlink yang juga mengarah ke website kamu. Dan situs milik orang lain pun yang kita titipkan backlink akan mendapatkan imbalan yang sama-sama menguntungkan. Jika kamu seorang pengembang website, tentunya pernah melakukan perubahan terhadap isi website bukan? Entah itu hanya sekedar mengubah isi konten atau bahkan sampai memindahkan isi konten. MWNers. Kenapa?Karena ketika kamu mengubah atau memindahkan sebuah konten, tautan lama akan rusak dan tidak bisa diakses kembali. Sehingga ketika pengunjung website kamu singgah dan mengklik konten yang tadi sudah kamu rubah, otomatis sistem akan menampilkan halaman error (440 error pages) yang mengin dikasikan bahwa halaman website tersebut sudah tidak ada. Hal ini bisa saja akan membuat pengunjung kesal dan langsung menutup website kamu. Nah agar tidak terjadi hal demikian, kamu bisa memanfaatkan tautan rusak tersebut. Caranya adalah dengan membuat link redirect dimana konten lama kamu yang sudah tidak aktif bisa diarahkan ke konten kamu yang terbaru.

Google bisa mengetahui backlink mana yang toxic dan mana yang tidak, maka untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca Google's Webmaster Guideline. Namun seperti sebelumnya, kami akan tetap menjelaskan secara singkat seperti apa toxic backlink tersebut. Berasal dari sumber mencurigakan - website tidak terpercaya dan tidak aman bisa menjadi sarang toxic backlink. Tidak sesuai dengan topik konten Anda - Google bisa mendeteksi anomali seperti ini dan menandainya sebagai toxic backlink. Spam di komen blog - link yang dipaksakan masuk ke dalam komentar blog lain dan tidak relevan juga berakibat buruk untuk performa SEO. Menggunakan anchor text yang persis sama - menggunakan target keyword yang sama, menggunakan kata-kata berbau uang juga termasuk toxic. Ada pada website yang tidak terindeks oleh Google - Ini juga mengindikasikan bahwa backlink tersebut digunakan untuk memanipulasi ranking. Backlink disembunyikan di footer - jangan pernah berpikir bahwa Google tidak bisa mendeteksi kecurangan seperti ini. Link tersebut selalu ada pada setiap halaman website - Ini menunjukkan salah satu upaya untuk memanipulasi ranking.

Apa yang membuat backlink bagus? Tidak semua backlink memiliki kualitas yang sama. Berikut beberapa hal yang mempengaruhi kualitas daripada backlink. Google lebih menghargai backlink yang relevan karena orang lebih cenderung mengkliknya. Jika Anda memiliki website dengan topik arsitektur memiliki backlink dari 2 website, satu website yang membahas tentang tanaman, satu lagi tentang perumahan, maka backlink yang berharga adalah yang relevan yaitu perumahan. Backlink dari halaman web dengan o toritas yang kuat biasanya mentransfer lebih banyak "otoritas" daripada halaman web dengan otoritas lemah. Backlink dari halaman dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, biasanya akan mengirimi Anda lebih banyak rujukan pengunjung daripada dari halaman dengan pengunjung rendah. Orang cenderung mengklik tautan yang ditempatkan secara mencolok, beberapa tautan pada halaman web kemungkinan memberikan otoritas lebih daripada tautan yang lain. Jika tautan berada di area konten utama, menggunakan font dan warna yang mungkin membuatnya menonjol, dan menggunakan teks yang mungkin membuat seseorang mengekliknya, tautan itu dapat menghasilkan cukup banyak PageRank. Di sisi lain, jika tautan ditempatkan di kaki halaman, dengan warna teks yang sama dengan teks lainnya pada halaman itu, dengan jenis font yang sama, dan menggunakan teks tautan yang tidak menarik minat orang, tautan ini mungkin tidak memberikan banyak PageRank.